Selasa, 31 Juli 2018

DI MATA ALLAH, DI MATA KITA DAN DI MATA ORANG LAIN.

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillahirabbil 'alaamiin
Smg kalian semua sehat wal afiat.
Dari Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a. Berkata : Jadilah engkau orang yang paling bagus menurut Allah dan orang yang jelek di matamu sendiri dao jadilah orang sewajarnya di mata orang lain.

Hal ini sebagaimana dinyatakan oleh Syeh Abdul Qodir Al Jailani r.a. sbb:
Apabila anda menjumpai seseorang yg lebih utama darimu, mk berucaplah : bisa jadi ia menurut Allah lebih bagus daripada saya dan lebih tinggi drajatnya.
Jika orang itu lebih kecil, mk ucapkanlah : Anak ini blm durhaka kpd Allah, tapi aku sudah, maka jelas dia lbh bagus drpd saya.
Jika orang itu besar, maka katakanlah : Orang ini sudah mengabdi kepada Allah sejak sebelum saya.
Jika orang itu alim maka ucapkanlah: Orang ini dianugrahi ilmu yang belum aku ketahui dan mencapai sesuatu yang belum saya capai juga mengetahui sesuatu yang blm saya tahu dan diapun berbuat atas dasar ilmunya itu.
Jika orang itu bodoh, mk ucapkanlah: Orang itu durhaka kepada Allah, krn blm tahu, sedangkan aku mendurhakaiNya justru aku dalam keadaan udah tahu. Akupun tak tahu bagaimana nanti akhir hayatku dan akhir hayatnya.
Jika orang itu kafir, maka katakanlah : Saya tidak tahu pasti, boleh jadi dia masuk Islam dan mati khusnul khatimah, bisa jadi pula aku kafir dan mati suul khatimah.
Itulah sahbt  tercinta, smg uraian kecil diatas bisa menambah wawasan Wisata Para sahabaterku yang tercinta.
Akhirnya, selamat  dan selamat beraktivitas kembali semoga tetap berkah serta mendapat ridloNya.
Belajar merendah diri, bukan berarti rendahan sob.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk menambah silaturahim.