Kamis, 22 Desember 2011

KEMERDEKAAN

Bismillahirrahmaanirrahiim. . .


Kemerdekaan atau kebebasan itu ada beberapa macam antara lain; kemerdekaan individu, berorganisasi, ekonomi dan politik, suatu bangsa tidak akan berdiri kokoh, tanpa kemerdekaan atau kebebasan dalam empat bidang tersebut.

 
Kemerdekaan individu / pribadi. Dengan kemerdekaan itu dapat tercipta kemerdekaan organisasi, krn organisasi tdk akan terwujud jika kemerdkaan itu tdk di dukung dgn kemerdkaan individu.

Kemerdkaan individu itu meliputi kebebasan berbicara, menulis, mencetak dan mengemukakan gagasan atau pendapat secara terbuka, tanpa ada pengawasan, kontrol atau tuntutan, dgan syarat smua itu tdk mengganggu atau menodai kebebasan orang lain.

Kesimpulanya, bahwa kebebasan individu itu suatu kebebasan yg tdk boleh bemturan dgan kebebasan orang lain.

Jadi stiap org wajib menjaga kebebasan orang lain, sbgmn ia menjaga kebebsan diri pribadinya.

Stiap org bebas menganut ideologi yg ia kehendaki, baik dlm keagamaan, ilmu pengetahuan, politik maupun sosial, bebas pulan menyebarkan smua itu, asal tdk menimbulkan perpecahan dikalangan rakyat dan membelanjakan kekayaan negara berupa uang, tanah, pulau, dan lainnya. 

Tp dngan catatan perbuatan ito tdk menjurus pada pemborosan secara bodoh. 

Kalau sampai menjurus ke hal itu, mk ia harus dinyatan sebagai Mahjur 'alaih, yakni dilarang membelanjakan hartanya.

Sekian dulu sahbtku, smga kita semua bisa menjadi warga yang baik dan bisa menerima kebebasan atau kemerdkaan pada individu2 yang lainnya.


Tetaplah berjuang untk Agamamu dan untk Negaramu, Allah akan slalu menuntun Hamba2Nya yang berbuat baik.


Salam kemerdkaan.

Fastabiqul khairat sahabatku semua.

:-) :-) :-)
Posting Komentar