Senin, 19 Desember 2011

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU NAHWU MELALUI MEDIA LCD BAGI SISWA KELAS VI MADIN NIDHOMIYAH KENCONG


I. JUDUL PENELITIAN
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU NAHWU MELALUI MEDIA LCD BAGI SISWA KELAS VI MADIN NIDHOMIYAH KENCONG
II. BIDANG KAJIAN
Pembelajaran Ilmu Nahwu dengan pemanfaatan media LCD
III. PENDHULUAN
A. Latar belakang masalah
Pendidikan adalah investasi jangka panjang yang memperlukan usaha dan dana yang cukup besar, hal ini diakui oleh semua orang atau suatu bangsa demi kelangsungan masa depannya. Demikian halnya dengan Indonesia menaruh harapan besar terhadap pendidik dalam perkembangan masa depan bangsa ini, karena dari sanalah tunas muda harapan bangsa sebagai generasi penerus dibentuk.
Meski diakui bahwa pendidikan adalah investasi besar jangka panjang yang harus ditata, disiapkan dan diberikan sarana maupun prasarananya dalam arti modal material yang cukup besar, tetapi sampai saat ini Indonesia masih berkutat pada problemmatika ( permasalahan ) klasik dalam hal ini yaitu kualitas pendidikan. Problematika ini setelah dicoba untuk dicari akar permasalahannya adalah bagaikan sebuah mata rantai yang melingkar dan tidak tahu darimana mesti harus diawali.
Maka dengan itu kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif. Namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerja sama kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temanya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan menguasaan materi pelajaran.
Pengajaran ilmu alat atau ilmu Nahwu tidak lagi mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemprosesan informasi. Untuk itu aktifitas peserta didik perlu ditingkatkan melalui latihan-latihan atau tugas dengan kerja dalam kelompok kecil dan menjelaskan ide-ide kepada orang lain. (hartoyo, 2000:24).
IV. MASALAH PENELITIAN
1. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan sebagaimana tersebut didepan, maka rumusan permasalahan yang diajukan dalam proposal ini adalah :
Apakah melalui media LCD dapat meningkatkan prestasi belajar Ilmu Nahwu bagi siswa kelas VI Madin Nidhomiyah Kencong ?
2. Pemecahan Masalah
Siswa yang mendapatkan perhatian dan perlakuan khusus tentunya akan menghasilkan atau menguasai yang berbeda pula dalam sebuah kelas atau kelompok bahkan perlakuan individual sekaligus dengan diberikanya perlakuan dan perhatian yang lebih baik dalam belajar di sekolah maupun di rumah, tentunya akan lebih baik pula penguasaan kertramilan atau konsep terhadap mata pelajaran – mata pelajaran yang dipelajarinya.
Filsafafat Cina mengatakan: “Engkau mendengar engkau lupa, engkau melihat engkau ingat, engkau melakukan engkau mengerti”. Pepatah Cina ini sangatlah terkenal di Dunia Pendidikan. Dengan pemanfaatan LCD dan penggunaan metode tugas akan mengaktifkan tiga gaya belajar siswa yang meliputi audio, visual, dan kinetis. Hal ini tentu saja akan mampu mengkondisikan siswa memiliki motivasi.
Menurut Moh. Uzer ( 1996:29) menjelaskan “Motivasi ekstrinsik timbul sebagai akibat pengaruh dari luar individu, apakah karena adanya ajakan, atau paksaan orang lain sehingga dengan kondisi yang demikian akhirnya ia mau melakukan sesuatu atau belajar, misalnya seseorang mau belajar karena ia disuruh orang tua untuk mendapatkan peringkat pertama.”
Motivasi adalah suatu pendorong yang mengubah energi dalam diri seseorang kedalam bentuk aktivitas nyata untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam proses belajar, motivasi sangat diperlukan sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar.
V. TUJUAN PENELITIAN
“Untuk mengetahui apakah melalui Media LCD dapat meningkatkan prestasi belajar Ilmu Nahwu bagi siswa kelas VI Madin Nidhomiyah Kencong.”
VI. HIPOTESIS TINDAKAN
Hipotensisi yang diajukan dalam proposal penelitian ini adalah :
“ Melalui penggunaan media LCD dapat meningkatkan pemahaman Ilmu Nahwu bagi siswa kelas VI Madin Nidhomiyah Kencong”
VII. MANFAAT PENELITIAN
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
a. MADIN NIDHOMIYAH Kencong
Dengan hasil penelitian ini diharapkan Madin Nidhomiyah Kencong dapat lebih meningkatkan pemberdayaan prestasi belajar siswa lebih baik dan perlu dicoba untuk diterapkan pada pelajaran lain.
b. Guru
Terbiasa berfikir kritis dan reflektif
Mengembangkan sikap Profesionalisme guru dalam membuat rasional tentang apa yang dilakukannya
Mampu mengambil keputusan berdasarkan data empiris
Menjadi guru yang mumpuni dalam membelajarkan siswanya untuk mencapai kopentensi yang ditargetkan
c. Siswa
Sebagai bahan masukan bagi siswa untuk memanfaatkan media dalam rangka meningkatkan prestasi belajarnya.
Siswa mendapat kesempatan untuk belajar dengan berbagai inovasi yang diberikan gurunya.
Siswa mendapat pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan untuk meningkatkan prestasi mereka.
VIII. KAJIAN PUSTAKA
1. Ilmu Nahwu
Ilmu Nahwu itu lebih berhak pertama kali untuk dipelajari, karena kalam Arab tanpa Nahwu, itu tidak bias difahami. (Syarifudin Yahya Al-Amriti. Tanpa tahun no. 9)
Ilmu Nahwu itu mengetahui dasar-dasar (qoidah) yang bias digunakan untuk mengetahui keadaan akhir suatu kalimah dari sisi I’rab dan mabni.(Fathu Rabbil-Bariyah Hal. 3)
2. Belajar
Skinner berpandangan bahwa belajar adalah suatu perilaku. Pada saat orang belajar maka responya menjadi lebih baik dan sebaliknya bila tidak belajar responya menjadi menurun sedangkan menurut Gagne belajar adalah seperangkat proses kognitif yang mengubah sifat stimulasi limgkungan, melewati pengolahan informasi, menjadi kapasitas baru ( Dimyati, 2002-10). Sedangkan menurut kamus umum bahasa Indonesia belajar diartikan berusaha ( berlatih dsb )supaya mendapat suatu kepandaian ( Purwadarminta : 109 )
Belajar dalam penelitian ini diartikan segala usaha yang diberikan oleh guru agar mendapat dan mampu menguasai apa yang telah diterimanya dalam hal ini adalah Ilmu Nahwu.
3. Prestasi Belajar.
Prestasi belajar berasal dari kata “ prestasi “ dan “belajar’ prestasi berarti hasil yang telah dicapai (Depdikbud, 1995 : 787 ). Sedangkan pengertian belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu (Depdikbud, 1995 : 14 ). Jadi prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau ketrampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukan dengan nilai atau angka yang diberikan oleh guru. Prestasi dalam penilitian yang dimaksudkan adalah nilai yang diperoleh oleh siswa pada mata pelajaran Ilmu Nahwu dalam bentuk nilai berupa angka yang diberikan oleh guru kelasnya setelah melaksanakan tugas yang diberikan padanya.
4. Tehnik
Dalam umum bahasa Indonesia teknik diartikakan cara (kepandaian, dsb) membuat sesuatu atau melakukan sesuatu yang berkenaan dengan kesenian (purwadarminta,: 1035). Sedangkan teknik yang dimaksud disini adalah cara tertentu yang dilakukan oleh guru yang akan dikenakan kepada siswanya dalam rangka mendapatkan informasi atau laporan yang diinginkan.
IX. METODE PENELITIAN
1. Setting Penelitian
a. Tempat Penelitian
Dalam penilitian ini penulis mengambil lokasi di MADIN NIDHOMIYAH Kencong Desa Kencong Kecamatan Kabupaten Kediri, penulis mengambil lokasi atau tempat ini dengan pertimbangan berkhidmah pada sekolah tersebut, sehingga memudahkan dalam mencari data, peluang waktu yang luas dan subyek penlitian yang sangat sesuai dengan profesi penulis.
b. Waktu Penelitian
Dengan beberapa pertimbangan dan alasan penulis menentukan menggunakan waktu penelitian selama 3 bulan Agustus s.d Oktober. Waktu dari perencanaan sampai penulisan laporan hasil penelitian tersebut pada semester I Tahun pelajaran 2011/2011.
c. Siklus Penelitian Tindakan Kelas
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus, untuk melihat peningkatan kemampuan siswa dalam mata pelajaran Ilmu Nahwu melalui penggunaan media LCD.
2. Persiapan Penelitian Tindakan Kelas
Sebelum melakukan Penelitian Tindakan Kelas berbagai instrumen perlu dipersiapkan, yaitu RPP dan perangkat pembelajaran. RPP disusun dengan kompentensi dasar pemahaman Ilmu Nahwu, kalimah Isim, kalimah fi’il, kalimah huruf, i’rab-i’rab, dan semua jenis ’amil-’amil yang bisa masuk pada suatu kalimah dan ’amil-’amil yang bisa merusak kalimah. Perangkat pembelajaran berupa LCD sebagai media.
3. Subyek penelitian
Subyek dalam peniltian ini adalah siswa kelas VI MADIN NIDHOMIYAH Kencong Desa Kencong Kecamatan Kabupaten Kediri berjumlah 32 orang.
Pertimbangan penulis mengambil subyek penilitiann tersebut dimana siswa kelas VI MADIN NIDHOMIYAH Kencong telah mampu dan memiliki kemandirian dalam mengerjakan tugas seperti PR, karena siswa kelas VI telah mampu membaca dan menulis serta berhitung yang cukup. Selain itu penulis pengajar di kelas VI.
4. Sumber data
Sumber data Penelitian Tindakan Kelas ini adalah:
a. Siswa, untuk melihat adanya peningkatan kemampuan dalam Ilmu Nahwu
b. Guru, untuk melihat kemampuan siswa dalam memahami Ilmu Nahwu dengan teknik media LCD.
5. Lama Tindakan
Waktu untuk melaksanakan tindakan pada bulan Okteber, mulai dari siklus I, Siklus II dan Siklus III.
6. Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian yang diterapkan dalam hal ini antara lain :
1. Perencanaan (planning)
Meliputi penyampaian materi pelajaran, latihan soal, pembahasan latihan soal, tugas pekerjaan rumah ( kegiatan penelitian utama ) pembahasan PR, ulangan harian.
2. Tindakan ( Action ) / Kegiatan, mencakup
a. Siklus I, meliputi : Pendahuluan, kegiatan pokok dan penutup.
b. Siklus II ( sama dengan I )
c. Siklus III ( sama dengan I dan II )
3. Pengamatan (observasi)
Peneliti melakukan observasi terhadap pembelajaran dengan tehnik melalui media LCD.
4. Refleksi (reflecting)
Dimana perlu adanya pembahasan antara siklus – siklus tersebut, maka peneliti melaksanakan refleksi Siklus III Penelitian Tindakan Kelas dengan menganalisis serta membuat kesimpulan atas pelaksanaan pembelajaran dengan teknik melalui media LCD dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa bagi kelas VI MADIN NIDHOMIYAH Kencong.
X. JADWAL PENELITIAN
No
KEGIATAN
MINGGU KE……..
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Perencanaan












2
Proses pembelajaran












3
Evaluasi












4
Pengumpulan Data












5
Analisis Data












6
Penyusunan Hasil












7
Pelaporan Hasil












XI. PERSONALIA PENELITIAN
Penelitian ini melibatkan Tim peneliti, identitas dari Tim tersebut adalah :
  1. Nama : SYAFA’AT MUBARI
  2. NIM : 2009481421
  3. Pekerjaan : Guru Madin Nidhomiyah Kencong
  4. Waktu Penelitian : 3 Bulan
  5. Tugas dalam penelitian : Pengumpulan dan Analisis Data
XII. ANGGARAN BIAYA

Akibat yang timbul dari penelitian ini menjadi tanggung jawab peneliti, adapun biaya tersebut adalah :
1. Fotocopy Naskah : Rp. 30.000,-
2. Kertas folio 1 pack : Rp. 40.000,-
3. jilid buku : Rp. 20.000,-
4. sewa alat-alat LCD komplit : Rp. 200.000,-
5. Rental Komputer : Rp. 35.000,-
6. lain – lain : Rp. 25.000,-
JUMLAH : Rp. 360.000,-




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk menambah silaturahim.