Selasa, 22 Juli 2014

Kopi Skotlandia Lebih 'Kuat' Ketimbang Kopi Italia

Glasgow - Rasa kopi di Skotlandia lebih kuat ketimbang kopi di Italia dan Spanyol, demikian ungkap sebuah penelitian baru.

Dalam jurnal Food and Function, para peneliti mengatakan bahwa kopi Glasgow, Skotlandia merupakan yang terkuat.

Mengutip BBC, jumlah kandungan kafein dari cappuccino di Skotlandia bervariasi antara 101 mg hingga 275 mg ke per cangkir. Adapun kadar kafein dalam satu cangkir espresso di sana berkisar antara 72 mg hingga 212 mg.

Kandungan kafein tersebut lebih besar bila dibandingkan dengan kandungan kafein espresso Italia yang mencapai 73 mg hingga 135 mg per cangkir dan kafein espresso di Spanyol sebanyak 97 mg hingga 127 mg.

Para peneliti dari tiga negara itu mengatakan, temuan tersebut dapat menjadi pertanda bagi para penikmat kopi untuk memperhatikan asupan kafein mereka.

Menurut para peneliti, hanya dengan menghitung berapa cangkir kopi yang Anda minum tidak dapat digunakan untuk mengukur seberapa banyak kafein yang telah Anda konsumsi. Mereka memperingatkan peminum kopi dapat melewati batas rekomendasi harian kafein tanpa mereka sadari.

Wanita hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi lebih dari 200 mg kafein per hari.

Meski kafein dapat mengurangi rasa lelah dan beberapa gejala penyakit lainnya, namun zat yang terkandung di dalam kopi ini juga dapat menyebabkan kecemasan. [ikh]
Posting Komentar