Senin, 19 Mei 2014

OwnFone Klaim Produksi Ponsel Braille Pertama di Dunia


Ponsel Braille yang diproduksi OwnFone. Ponsel ciptaan Tom Sunderland ini dirancang untuk memberikan koneksi instan antara pengguna tunanetra dengan keluarga dan rekan mereka. Foto BBC.
LONDON - Perusahaan OwnFone di London memproduksi ponsel Braille pertama di dunia. Bagian depan dan belakang ponsel itu dikonstruksi dengan teknik cetak 3D dan bisa disesuaikan.

Perusahaan-perusahaan lain telah merancang ponsel Braille, tapi OwnFone mengatakan produk mereka adalah jenis pertama yang dipasarkan.

Bagi mereka yang tidak bisa membaca huruf Braille, perusahaan itu bisa mencetak teks timbul di papan tombol. Ponsel itu saat ini hanya bisa dibeli di Inggris dengan harga £60 (Rp 1,1 juta) dan menurut penemunya, Tom Sunderland, cetak 3D di depan dan belakang alat itu membuat biaya produksi menjadi murah.

“Cetak 3D, memberikan jalan yang cepat dan murah untuk membuat tombol Braille pribadi,” kata dia.

Ponsel ini dirancang untuk memberikan koneksi instan antara pengguna tunanetra dengan kawan dan keluarga mereka.

“Ini adalah ponsel pertama yang memiliki papan tombol cetak 3D dan bagi mereka yang tidak bisa membaca Braille, kami bisa mencetak tekstur dan tulisan timbul di ponsel,” kata Sunderland.(bbc/ris/jpnn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk menambah silaturahim.