Senin, 19 Mei 2014

Tips Menghindari Kejahatan Internet

INILAHCOM, Jakarta - Kejahatan internet atau cyber crime terus meningkat dari tahun ke tahun. Ingin tahu bagaimana cara menghindarinya?

Cyber crime adalah istilah yang mengacu kepada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer menjadi alat, sasaran, atau tempat terjadinya kejahatan.

Termasuk ke dalam kejahatan dunia maya antara lain adalah penipuan lelang secara online, pemalsuan cek, penipuan kartu kredit/ carding, confidence fraud, penipuan identitas, pornografi anak, dll.

Untuk mencegah kejahatan terjadi di dunia maya, seperti dibobolnya akun e-mail, perusahaan keamanan internet Symantec Corporation memiliki beberapa tips mudah. Apa saja?
Buatlah password yang kompleks

Jangan gunakan nama atau tanggal lahir sebagai password. Sebaiknya gunakan password dengan kombinasi huruf, angka, dan simbol.

Ganti juga password secara berkala. Hal tersebut berlaku untuk semua jenis akun, baik itu e-mail, maupun media sosial.
Cek data kartu kredit dan data bank secara rutin

Saat ini, data transaksi bank banyak dikirimkan melalui e-mail. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda melakukan pengecekan transaksi secara berkala.

Hal tersebut dilakukan agar Anda bisa dengan cepat mengetahui apabila ada hal transaksi yang tidak wajar. Jika Anda menggunakan kartu kredit, Anda bisa langsung menghubungi pihak bank dan melakukan pemblokiran.

Anda pun bisa mengajukan komplain ke pihak bank agar transaksi tersebut bisa dibatalkan.

Jangan sembarangan mengklik link

Saat ini, banyak link atau tautan yang dapat mengarahkan Anda ke situs phising. Situs tersebut sangat mirip dengan situs aslinya. Bedanya terletak di alamat situs.

Sebagai contoh, terdapat situs dengan nama www.faceb00k.com. Situs semacam ini digunakan untuk mencuri username dan password dari korbannya.

Jika Anda mendapatkan e-mail berisi link dari orang yang mencurigakan, sebaiknya Anda segera menghapus e-mail tersebut

Perbaharui terus aplikasi antivirus Anda

Antivirus saat ini tidak hanya berfungsi sebagai penghalau dan pembunuh program-program berbahaya. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melindungi Anda dalam kegiatan berinternet.

Selain itu, antivirus juga dapat memberitahukan apakah sebuah link dan situs berbahaya atau tidak.

semoga artikel ini bermanfaat. inilah.com
Posting Komentar