فصل
فى تعظيم
العلم وأهله
FASAL IV MENGAGUNGKAN ILMU DAN AHLI ILMU
Mengagungkan ilmu
اعلم أن
طالب العلم لا ينال العلم ولا ينتفع به إلا بتعظيم العلم وأهله، وتعظيم الأستاذ وتوقيره.
قيل: ما وصل من وصل إلا بالحرمة،
وما سقط من سقط إلا بترك الحرمة. وقيل: الحرمة خير من الطاعة، ألا ترى أن الإنسان لا يكفر
بالمعصية، وإنما يكفر باستخفافها، وبترك الحرمة. ومن تعظيم العلم تعظيم الأستاذ
Ada dikatakan : “Dapatnya orang
mencapai sesuatu hanya karena mengagungkan sesuatu itu, dan gagalnya pula
karena tidak mau mengagungkannya. “Tidaklah anda telah tahu, manusia tidak
menjadi kafir karena maksiatnya, tapi jadi kafir lantaran tidak mengagungkan
Allah.
Mengagungkan Guru
قال على
رضى الله عنه: أنا عبد من علمنى حرفا واحدا، إن شاء باع، وإن شاء استرق.
Termasuk arti mengagungkan ilmu, yaitu menghormati pada
sang guru. Ali ra berkata: “Sayalah menjadi hamba sahaya orang yang telah
mengajariku satu huruf. Terserah padanya, saya mau dijual, di merdekakan
ataupun tetap menjadi hambanya.”
وقد أنشدت
فى ذلك:
رأيت أحق
الحق حق المعلم وأوجبه حفظا على كل مسلم
لقد حق
أن يهدى إليه كرامة لتعليم حرف واحد ألف درهم
فإن من
علمك حرفا واحدا مما تحتاج إليه فى الدين فهو أبوك فى الدين.
Dalam masalah ini saya kemukakan Syi’irnya:
Keyakinanku tentang haq guru, hak paling hak adalah itu
Paling wajib di pelihara, oleh muslim seluruhnya
demi memulyakan, hadiah berhak di haturkan
seharga dirham seribu, tuk mengajar huruf yang Satu
Memang benar, orang yang mengajarmu satu huruf ilmu yang
diperlukan dalam urusan agamamu, adalah bapak dalam kehidupan agamamu.
وكان أستاذنا
الشيخ الإمام سديد الدين الشيرازى يقول: قال مشايخنا: من أراد أن يكون ابنه عالما
ينبغى أن يراعى الغرباء من الفقهاء، ويكرمهم ويطعمهم ويطيعهم شيئا، وإن لم يكن
ابنه عالما يكون حفيده عالما.
Guru kita Syaikhul Imam Sadiduddin Asy-Syairaziy berkata
: Guru-guru kami berucap : “bagi orang yang ingin putranya alim, hendaklah suka
memelihara, memulyakan, mengagungkan, dan menghaturkan hadiah kepada kaum ahli
agama yang tengah dalam pengembaraan ilmiyahnya. Kalau toh ternyata bukan
putranya yang alim, maka cucunyalah nanti.”
ومن توقير
المعلم أن لايمشى أمامه، ولا يجلس مكانه، ولا يبتدئ بالكلام عنده إلا بإذنه، ولا
يكثر الكلام عنده، ولا يسأل شيئا عند ملالته ويراعى الوقت، ولا يدق الباب بل يصبر
حتى يخرج الأستاذ.
Termasuk arti menghormati guru, yaitu jangan berjalan di
depannya, duduk di tempatnya, memulai mengajak bicara kecuali atas perkenan
darinya, berbicara macam-macam darinya, dan menanyakan hal-hal yang
membosankannya, cukuplah dengan sabar menanti diluar hingga ia sendiri yang
keluar dari rumah.
فالحاصل: أنه يطلب رضاه، ويجتنب سخطه،
ويمتثل أمره فى غير معصية لله تعالى، فإنه لا طاعة للمخلوق فى معصية الخالق كما قال النبى
صلى الله عليه وسلم: إن شر الناس من يذهب دينه لدنيا بمعصية الخالق. ومن توقيره: توقير
أولاده ومن يتعلق به.
Pada pokoknya, adalah melakukan hal-hal yang membuatnya
rela, menjauhkan amarahnya dan menjungjung tinggi perintahnya yang tidak
bertentangan dengan agama, sebab orang tidak boleh taat kepada makhluk dalam
melakukan perbuatan durhak kepada Allah Maha Pencipta. Termasuk arti
menghormati guru pula, yaitu menghormati putera dan semua oarang yang
bersangkut paut dengannya.
وكان أستاذنا
شيخ الإسلام برهان الدين صاحب الهداية رحمة الله عليه حكى: أن واحدا من أكابر
الأئمة بخارى كان يجلس مجلس الدرس، وكان يقوم فى خلال الدرس أحيانا فسألوا عنه,
فقال: إن ابن أستاذى يلعب مع الصبيان فى السكة، ويجيئ أحيانا إلى باب المسجد، فإذا
رأيته أقوم له تعظيما لأستاذى.
Di sini Guru kita Syaikhul Islam Burhanuiddin Shahibul
Hidayah pernah bercerita bahwa ada seorang imam besar di Bochara, pada suatu
ketika sedang asyiknya di tenmgah majlis belajar ia sering berdiri lalu duduk
kembali. Setelah ditanyai kenapa demikian, lalu jawabnya : ada seorang putra
guruku yang sedang main-main dihalaman rumah dengan teman-temannya, bila saya
melihatnya sayapun berdiri demi menghormati guruku.
والقاضى الإمام
فخر الدين الأرسابندى كان رئيس الأئمة فى مرو وكان السلطان يحترمه غاية الاحترام
وكان يقول: إنما وجدت بهذا المنصب بخدمة الأستاذ فإنى كنت أخدم الأستاذ القاضى
الإمام أبا زيد الدبوسى وكنت أخدمه وأطبخ طعامه [ثلاثين سنة] ولا آكل منه شيئا.
Qodli Imam Fakhruddin Al-Arsyabandiy yang menjabat kepala
para imam di marwa lagi pula sangat di hormati sultan itu berkata : “Saya bisa
menduduki derajat ini, hanyalah berkah saya menghormati guruku. Saya menjadi
tukang masak makanan beliau, yaitu beliau Abi Yazid Ad-Dabbusiy, sedang kami
tidak turut memakannya.”
وكان الشيخ
الإمام الأجل شمس الأئمة الحلوانى رحمة الله عليه قد خرج من بخارى وسكن فى بعض
القرى أياما لحادثة وقعت له وقد زاره تلاميذه غير الشيخ الإمام شمس الأئمة القاضى
بكر بن محمد الزرنجرى رحمه الله تعالى، فقال له حين لقيه: لماذا لم تزرنى؟ قال:
كنت مشغولا بخدمة الولادة. قال: ترزق العمر، لاترزق رونق الدرس، وكان كذلك، فإنه
كان يسكن فى أكثر أوقاته فى القرى ولم ينتظم له الدرس
Syaikhul Imamil Ajall Syaikhul Aimmah Al-Khulwaniy,
karena suatu peristiwa yang menimpa dirinya, maka berpindah untuk beberapa
lama, dari Bochara kesuatu pedesaan. Semua muridnya berziarah kesana kecuali
satu orang saja, yaitu syaikhul imam Al-qadli Abu Bakar Az-Zarnujiy. Setelah
suatu saat bisa bertemu, beliau bertanya: “kenapa engkau tidak menjengukku?
Jawabnya : “Maaf tuan, saya sibuk merawat ibuku” beliau berkata: “Engkau
dianugrahi panjang usia, tetapi tidak mndapat anugrah buah manis belajar.” Lalu
kenyataanya seperti itu, hingga sebagian banyak waktu Az-Zarnujiy digunakan
tinggal di pedesaan yang membuatnya kesulitan belajar.
فمن تأذى
منه أستاذه يحرم بركة العلم ولا ينتفع بالعلم إلا قليلا.
[إن المعلم والطبيب كلاهما! لا ينصحان إذا هما
لم يكرما]
[فاصبر لدائك
إن جفوت طبيبه! واقنع بجهلك إن جفوت معلما]
Barang siapa melukai hati sang gurunya, berkah ilmunya
tertutup dan hanya sedikit kemamfaatannya.
Sungguh, dokter dan guru
Tak akan memberi nasehat, bila tak di hormat
terimalah penyakitmu, bila kau acuh doktermu
dan terimalah bodohmu, bila kau tentang sang guru
حكى أن
الخليفة هارون راشيد بعث ابنه إلى الأصمعى ليعلمه العلم والأدب فرآه يوما يتوضأ ويغسل
رجله، وابن الخليفة يصب الماء على رجله، فعاتب الأصمعى [فى ذلك] بقوله: إنما بعثت
إليك لتعلمه وتؤدبه فلماذا لم تأمره بأن يصب الماء بإحدى يديه، ويغسل بالأخرى رجلك؟
Suatu hikayat : Khalifah Harun Ar-Rasyid mengirim
putranya kepada Al-Ashma’iy agar diajar ilmu dan adab. Pada suatu hari,
Khalifah melihat Al-Ashma’iy berwudlu dan membasuh sendiri kakinya, sedang
putra khalifah cukup menuang air pada kaki tersebut. Maka, Khalifahpun menegur
dan ujarnya : “Putraku saya kirim kemari agar engkau ajar dan didik; tapi
mengapa tidak kau perintahkan agar satu tangannya menuang air dan tangan
satunya lagi membasuh kakimu?”
Memuliakan Kitab
ومن تعظيم
العلم: تعظيم الكتاب، فينبغى لطالب العلم أن لا يأخذ الكتاب إلا بطهارة. وحكىعن الشيخ شمس الأئمة
الحلوانى رحمه الله تعالى أنه قال: إنما نلت هذا العلم بالتعظيم، فإنى ما أخذت الكاغد إلا
بطهارة. والشيخ الإمام شمس الأئمة السرخسى كان مبطونا فى ليلة، وكان يكرر، وتوضأ فى
تلك الليلة سبع عشرة مرة لأنه كان لا يكرر إلا بالطهارة، وهذا لأن العلم نور والوضوء
نور فيزداد نور العلم به.
Termasuk arti mengagungkan ilmu, yaitu memulyakan kitab,
karena itu, sebaiknya pelajar jika mengambil kitabnya itu selalu dalam keadaan
suci. Hikayat, bahwa Syaikhul islam Syamsul Aimmah Al-Khulwaniy pernah berkata
: “Hanya saya dapati ilmu ilmuku ini adalah dengan mengagungkan. Sungguh, saya
mengambil kertas belajarku selalu dalam keadaan suci.
Syaikhul Imam Syamsul Aimmah As-sarkhasiy pada suatu
malam mengulang kembali pelajaran-pelajarnnya yang terdahulu, kebetulan terkena
sakit perut. Jadi sering kentut. Untuk itu ia melakukan 17 kali berwudlu dalam
satu malam tersebut, karena mempertahankan supaya belajar dalam keadaan suci.
Demikianlah sebab ilmu itu cahaya, wudlupun cahaya. Dan cahaya ilmu akan
semakin cemerlang bila di barengi cahaya berwudlu.
ومن التعظيم
الواجب للعالم أن لا يمد الرجل إلى الكتاب ويضع كتاب التفسير فوق سائر الكتب
[تعظيما] ولا يضع شيئا آخر على الكتاب.
Termasuk memulykan yang harus dilakukan, hendaknya jangan
membentangkan kaki kearah kitab. Kitab tafsir letaknya diatas kitab-kitab lain,
dan jangan sampai menaruh sesuatu diatas kitab.
وكان أستاذنا
الشيخ برهان الدين رحمه الله تعالى يحكى عن شيخ من المشايخ: أن فقيها كان وضع
المحبرة على الكتاب، فقال له [بالفارسية]: برنيايى
Guru kita Burhanuddin pernah membawakan cerita dri
seorang ulama yang mengtakan ada seoranag ahli fikih meletakan botol tinta di
atas kitab. Ulama itu sraya berkata : “Tidak bermanfaat ilmumu.
وكان أستاذنا
القاضى الإمام الأجل فخر الدين المعروف بقاضى خان رحمه الله تعالى يقول: إن يرد
بذلك الاستخفاف فلا بأس بذلك والأولى أن يحترز عنه.
Guru kita Qodli Fakhrul Islam yang termasyur dengan Qodli
Khan pernah berkata: “Kalau yang demikian itu tidak dimaksud meremehkan, maka
tidak mengapalah. Namun lebih baiknya disingkiri saja.”
ومن التعظيم:
أن يجود كتابة الكتاب ولا يقرمط ويترك الحاشية إى عند الضرورة.
ورأى أبو
حنيفة رحمه الله تعالى كتابا يقرمط فى الكتابة فقال: لا تقرمط خطك، إن عشت تندم وإن
مت تشتم. يعنى إذا شخت وضعف نور بصرك ندمت على ذلك.وحكى عن الشيخ الإمام مجد الدين
الصرخكى، حكى أنه قال: ما قرمطنا ندمنا، وما انتخبنا ندمنا، وما لم نقابل ندمنا
Termasuk pula arti mengagungkan, hendak menulis kitab
sebaik mungkin. Jangan kabur, jangan pula membuat catatan penyela/penjelas yang
membuat tulisan kitab tidak jelas lagi, kecuali terpaksa harus dibuat begitu.
Abu hanifah pernah mengetahui seorang yang tidak jelas tulisannya, lalu
ujarnya: “Jangan kau bikin tulisanmu tidak jelas, sedang kau kalau ada umur
panjang akan hidup menyesal, dan jika mati akan dimaki.” Maksudnya, jika kau
semakin tua dan matamua rabun, akan menyesali perbuatanmua sendiri itu.
Diceritakan dari Syaikhul Imam Majduddin Ash-Shorhakiy pernah berkata: “Kami
menyesal;I tulisan yang tidak jelas, catatan kami yang pilih-pilih dan
pengetahuan yang tidak kami bandingkan dengan kitab lain.”
وينبغى أن
يكون تقطيع الكتاب مربعا، فإنه تقطيع أبى حنيفة رحمه الله تعالى، وهو أيسر على الرفع
والوضع والمطالعة
Sebaiknya format kitab itu persegi empat, sebagaimana
format itu pulalah kitab-kitab Abu Hanifah. Dengan format tersebut, akan lebih
memudahkan jika dibawa, diletakkan dan di muthalaah kembali.
وينبغى أن
لا يكون فى الكتابة شيئ من الحمرة، فإنه من صنيع الفلاسفة لا صنيع السلف، ومن مشايخنا
كرهوا استعمال المركب الأحمر.
Sebaiknya pula jangan ada warna merah didalam kitab,
karena hal itu perbuatan kaum filsafat bukan ulama salaf. Lebih dari itu ada
diantara guru-guru kita yang tidak suka memakai kendaraan yang berwarna merah.
Menghormati Teman
ومن تعظيم
العلم: تعظيم الشركاء [فى طلب العلم والدرس] ومن يتعلم منه. والتملق مذموم إلا
فى طلب العلم. فإنه ينبغى أن يتملق لأستاذه وشركائه ليستفيد منهم
Termasuk makna mengagungkan ilmu pula, yaitu menghormati
teman belajar dan guru pengajar. Bercumbu rayu itu tidak dibenarkan, selain
dalam menuntut ilmu. Malah sebaliknya di sini bercumbu rayu degnan guru dan
teman sebangku pelajarannya.
Sikap Selalu Hormat Dan Khidmah
وينبغى لطالب
العلم أن يستمع العلم والحكمة بالتعظيم والحرمة، وإن سمع مسألة واحدة أو حكمة واحدة
ألف مرة. وقيل: من لم يكن تعظيمه بعد ألف مرة كتعظيمه فى أول مرة فليس بأهل العلم.
Hendaknya penuntut ilmu memperhatikan segala ilmu dan
hikmah atas dasar selalu mengagungkan dan menghormati, sekalipun masalah yang
itu-itu saja telah ia dengar seribu kali. Adalah dikatakan : “Barang siapa yang
telah mengagungkannya setelah lebih dari 1000 kali tidak sebagaimana pada
pertama kalinya, ia tidak termasuk ahli ilmu.”
Jangan Memilih Ilmu Sendiri
وينبغى لطالب
العلم أن لا يختار نوع العلم بنفسه، بل يفوض أمره إلى الأستاذ، فإن الأستاذ قد
حصل له التجارب فى ذلك، فكان أعرف بما ينبغى لكل واحد وما يليق بطبيعته.
Hendaklah sang murid jangan menentukan pilihan sendiri
terhadap ilmu yang akan dipelajari. Hal itu dipersilahkan sang guru untuk
menentukannya, karena dialah yang telah berkali-kali melakukan percobaan serta
dia pula yang mengetahui ilmu yang sebaiknya diajarkan kepada seseorang dan
sesuai dengan tabiatnya.
وكان الشيخ
الإمام الأجل الأستاذ برهان الحق والدين رحمه الله تعالى يقول:
كان طلبة
العلم فى الزمان الأول يفوضون أمرهم فى التعلم إلى اساتذهم، وكانوا يصلون إلى مقصودهم
ومرادهم، والآن يختارون بأنفسهم، فلا يحصل مقصودهم من العلم والفقه.
Syaikhul Imam Agung Ustadz Burhanul Haq Waddin ra.
Berkata: “Para siswa dimasa dahulu dengan suka
rela menyerahkan sepenuhnya urusan-urusan belajar kepada gurunya, ternyata
mereka peroleh sukses apa yang di idamkan; tetapi sekarang pada menentukan
pilihan sendiri, akhirnyapun gagal cita-citanya dan tidak bisa mendapatkan ilmu
dan fihq.”
وكان يحكى
أن محمد بن إسماعيل البخارى رحمه الله تعالى كان بدأ بكتابة الصلاة على محمد بن
الحسن رحمه الله، فقال له محمد بن الحسن: إذهب وتعلم علم الحديث، لما روى أن ذلك العلم
أليق بطبعه، فطلب علم الحديث فصار فيه مقدما على جميع أئمة الحديث
Hikayat orang, bahwa Muhammad bin Ismail Al-Bukhariy pada
mulanya adalah belajar shalat kepada Muhammad Ibnul Hasan. Lalu sang guru ini
memerintahkan kepadanya : “Pergilah belajar ilmu hadist! “setelah mengetahui
justru ilmu inilah yang lebih sesuai untuk Bukhariy. Akhirnya pun ia belajar
hadist hingga menjadi imam hadist paling terkemuka.
Jangan Duduk Terlalu Dekat Dengan Guru
وينبغى لطالب
العلم أن لايجلس قريبا من الأستاذ عند السبق بغير ضرورة، بل ينبغى أن يكون بينه
وبين الأستاذ قدر القوس فإنه أقرب إلى التعظيم.
Diwaktu belajar, hendaklah jangan duduk terlalu mendekati
gurunya, selain bila terpaksa. Duduklah sejauh antar busur panah. Karena dengan
begitu, akan terlihat mengagungkan sang guru.
Menyingkiri Akhlak Tercela
وينبغى لطالب
العلم أن يحترز عن الأخلاق الذميمة، فإنها كلاب معنوية، وقد قال رسول الله صلى
الله عليه وسلم: لا تدخل الملائكة بيتا فيه كلب أو صورة. وإنما يتعلم الإنسان بواسطة
ملك.
والأخلاق الذميمة
تعرف فى كتاب الأخلاق وكتابنا هذا لا يحتمل بيانها.
[وليحترز] خصوصا عن التكبر ومع التكبر
لا يحصل العلم.
قيل: العلم حرب [للفتى] المتعالى
كالسيل حرب للمكان العالى
قيل: بجد لا بجد كل مجد فهل جد
بلا جد بمجدى
فكم من
عبد يقوم مقام حر وكم حر يقوم مقام عبد
Pelajar selalu memnjaga dirinya daripada akhlak-akhlak
yang tercela. Karena akhlak buruk itu ibarat anjing. Rasulullah saw bersabda:
“Malaikat tidak akan masuk rumah yang di dalamnya terdapat gambar atau anjing”.
Padahal orang belajar itu dengan perantara malaikat. Dan terutama yang
disingkiri adalah sikap takabur dan sombong. Syai’ir dikatakan:
ilmu itu musuh bagi penyombong diri
laksana air bah, musuh dataran tinggi
Diraih keagungan dengan kesungguhan bukan semata dengan
harta tumpukan
bisakah agung didapat? Dengan harta tanpa semangat?
Banyak sahaya, menduduki tingkat merdeka
Banyak orang merdeka, menduduki tingkat sahaya.
Link Asli > http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/391301494225998/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar anda untuk menambah silaturahim.