OLEH : Aby Yahsya
فصل
فى
النية فى حال التعلم
FASAL II NIAT DI WAKTU
BELAJAR
Niat Belajar
ثم
لابد له من النية فى زمان تعلم العلم، إذ النية هى الأصل
فى جميع الأفعال لقوله عليه السلام: إنما الأعمال بالنيات. حديث صحيح.
[روى] عن رسول الله صلى الله عليه وسلم: كم من
عمل يتصور بصورة عمل الدنيا، ثم يصير بحسن
النية من أعمال الآخرة، وكم من عمل يتصور بصورة عمل
الآخرة ثم يصير من أعمال الدنيا بسوء النية.
Dari beliau pula diriwayatkan
sebuah hadits : ”Banyak amal perbuatan yang berbentuk amal dunia namun karena
bagus niatnya maka menjadi bagian amal akhirat. Adapula amal perbuatan yang
terlihat amal akhirat lalu menjadi amal dunia yang karena buruk niat.”
Niatan Baik dan Buruk.
وينبغى أن ينوى المتعلم بطلب العلم رضاء الله والدار الآخرة، وإزالة الجهل عن
نفسه، وعن سائر الجهال، وإحياء الدين وإبقاء الإسلام، فإن بقاء الإسلام بالعلم،
ولايصح الزهد والتقوى مع الجهل.
وأنشدنا الشيخ الإمام الأجل الأستاذ برهان الدين صاحب الهداية لبعضهم شعرا:
فساد كبير عالم متهتك وأكبر منه جاهل متنسك
هما فتنة للعالمين عظيمة لمن بهما فى دينه يتمسك
Di waktu belajar hendaklah
berniat mencari Ridha Allah swt. Kebahagian akhirat, memerangi kebodohan
sendiri dan segenap kaum bodoh, mengembangkan agama dan melanggengkan islam
sebab kelanggengan islam itu harus diwujudkan dengan ilmu. Zuhud dan taqwapun
tidak sah jika tanpa berdasar ilmu. Syaikhul imam Ajall Burhanuddin Shahibul
Hidayah menyanyikan syair gubahan sebagian ulama :
Hancur lebur, orang alim tak teratur
Lebih lebur, bila si jahil ibadah
ngawurKeduanya menjadi fitnah,menimpa ganas di dunia
Atas yang mengikutinya, sebagai dasar
peri agama.
وينوى
به: الشكر على نعمة العقل، وصحة البدن, ولا ينوى به إقبال
الناس عليه، ولا استجلاب حطام الدنيا، والكرامة عند السلطان وغيره.
Dengan belajar pula, hendaklah
diniati untuk mensyukuri kenikmatan akal dan badan yang sehat. Belajar jangan
diniatkan untuk mencari pengaruh, kenikmatan dunia ataupun kehormatan di depan
sultan dan penguasai-penguasa lain.
وقال
محمد بن الحسن رحمة الله عليهما: لو كان الناس كلهم عبيدى
لأعتقتهم وتبرأت عن ولائهم.
Muhammad Ibnul Hasan berucap:
‘andaikan seluruh manusia itu manjadi budak belianku, niscaya kumerdekakan
seluruhnya dan bebaskan dari kekuasaanku.”
Kelezatan dan Hikmah Ilmu
[وذلك
لأن] من وجد لذة العلم والعمل به، قلما يرغب فيما عند
الناس. أنشدنا الشيخ الإمام الأجل الأستاذ قوام الدين حماد بن إبراهيم بن إسماعيل الصفار الأنصارى
إملاء لأبى حنيفة رحمة الله عليه:
من طلب العلم للمعاد فاز بفضل من الرشاد
فيالخسران طالبيه لنيل فضل من العباد
Siapa saja telah merasakan
kelezatan rasa ilmu dan amal, maka semakin kecillah kegemarannya akan harta
benda dunia. Syaikhul Imamil Ajall Ustadz Qawamuddin Hammad bin Ibrahim bin
ismail Ash-Shoffar Al-Anshoriy membacakan kami syair imla’ abu hanifah :
Siapa saja gerangan, menuntut
ilmu untuk hari kemudian untuklah dapat keutamaan, anugrah Allah penunjuk
jalanAduh, saja merugi, penuntut ilmu nan suci
Hanya buat sesuap nasi, dari
hamba ilahi.
اللهم
إلا إّذا طلب الجاه للأمر بالمعروف والنهى عن المنكر،
وتنفيذ الحق، وإعزاز الدين لا لنفسه وهواه، فيجوز ذلك بقدر ما يقيم به الأمر بالمعروف والنهى عن المنكر.
Tetapi jikalau dalam meraih
keagungan itu demi amar ma’ruf nahi munkar, memperjuangkan kebenaran dan
meluhurkan agama bukan untuk keperluan hawa nafsu sendiri makadiperbolehkan
sejauh batas telah dapat menegakkan amar ma’ruf nahi munkar tersebut.
وينبغى لطالب العلم: أن يتفكر فى ذلك، فإنه يتعلم العلم بجهد كثير، فلايصرفه
إلى الدنيا الحقيرة القليلة الفانية. (قال النبى صلى الله عليه وسلم: اتقوا
الدنيا، فوالذى نفس محمد بيده إنها لأسحر من هاروت وماروت). شعر: هى الدنيا أقل من القليل
وعاشقها أذل من الذليل تصم بسحرها قوما وتعمى فهم متخيرون بلا دليل
Penuntut ilmu hendaknya
memperhatikan apa yang tersebut diatas. Ia telah mengatasi kepayahan yang cukup
banyak, maka jangan sampai ilmu yang telah ia peroleh itu digunakan sarana
bendahara duniawi yang hina, sedikit nilainya dan segera hancur ini. Syair
menyebutkan :
Dunia itu sedikit, dan paling sedikit
Pecintanyapun hina, nan hina dina
Sihir dunia, membuat tuli dan buta
Kebingungan, tak tahu ke mana jalan
Pantangan Ahli ilmu
وينبغى
لأهل العلم أن لايذل نفسه بالطمع فى غير المطمع ويحترز
عما فيه مذلة العلم وأهله. ويكون
متواضعا، والتواضع بين التكبر والذلة، والعفة كذلك، ويعرف ذلك فى كتاب الأخلاق
Orang berilmu itu hendaklah
jangan membuat dirinya sendiri menjadi hina lantaran tamak terhadap sesuatu
yang tidak semestinya, jangan sampai terjerumus ke dalam lembah kehinaan ilmu
dan ahli ilmu. Ia supaya berbuat tawadu’ (sikap tengah-tengah antara sombong
dan kecil hati), berbuat iffah, yang keterangan lebih jauhya bisa kita dapati
dalam kitab akhlaq.
أنشدنى
الشيخ الإمام الأستاذ ركن الدين المعروف بالأديب المختار
شعرا لنفسه:
Syaikhul imamil ajall ustadz
ruknul islam yang terkenal sebagai sasterawan ternama mengemukakan gubahan
syi’irnya:
إن التواضع من خصال المتقى وبه التقى إلى المعالى يرتقى
ومن العجائب عجب من هو جاهل فى حالة أهو السعيد أم الشقى
أم كيف يختم عمره أو روحه يوم النوى متسفل أو مرتقى
والكبرياء
لربنا صفة له مخصوصة فتجنبها واتقى
Tata kerama, benar-benar budi orang
taqwa
Ia menanjak tinggi, dengan
sikapAjaib, ajaiblah orang tidak tahu dirinya sendiri
Bahagiakah nanti, apa malah celaka
diri ?Bagaimana waktu meninggalkan dunia, pungkasan umur nyawanya.
Suul khatimah, apa husnul
khatimah?Keagungan, itu khusus sifat ar-rahman
Singkirlah, waspadalah!
قال
أبو حنيفة رحمة الله عليه لأصحابه: عظموا عمائمكم ووسعوا
أكمامكم. وإنما قال ذلك لئلا يستخف بالعلم وأهله
Kepada sahanat-sahabatnya, abu
Hanifah berkata : ”besarkanlah putaran serban kalian, dan perlebarlah lobang
lengan baju kalian”. ucapan ini dikemukakan agar supaya ilmu dan ahli ilmu
tidak terpandang remeh.
Saran Khusus Buat pelajar
وينبغى
لطالب العلم أن يحصل كتاب الوصية التى كتبها أبو حنيفة
رضى الله عليه ليوسف بن خالد السمتى عند الرجوع إلى أهله، يجده من يطلب العل وقد كان أستاذنا شيخ
الإسلام برهان الدين على بن أبو بكر قدس الله روحه العزيز أمرنى بكتابته عند الرجوع
إلى بلدى فكتبته، ولابد للمدرس والمفتى فى معاملات الناس منه، وبالله التوفيق.
Sebaiknya pelajar bisa
mendapatkan buku wasiat tulisan Abu Hanifah (yang tadinya) untuk Yusuf Bin
Khalid As-Simty waktu pulang kembali ketengah-tengah keluarganya. Dan buku ini
bisa didapatkan oleh yang mau mencarinya. Guru kita sendiri, yaitu Syaikhul
Imam Burhanul Immah Aliy Abu Bakar semoga Allah mensucikan ruhnya yang mulya
itu adalah juga memerintahkan kami waktu mau pulang ke daerah agar menulis buku
tersebut, dan kamipun melakukannya. Sang guru dan mufti (pemberi fatwa) bidang
pergaulan manusia, tidak boleh tidak juga memegangi buku wasiat tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar anda untuk menambah silaturahim.