Rabu, 24 Oktober 2012

Pentingnya Akhlaq dalam Hidup Bermasyarakat

                   Akhlaq bukanlah merupakan barang-barang mewah yang mungkin dibutuhkan, tetapi akhlaq adalah pokok-pokok kehidupan yang esensial. (Muhammada Al-Ghazali, 1986:24)
Dan tentunya dalam kehidupan bermasyarakat, yang diharuskan agama dan agama menghormati orang yang memilikinya. Pergaulan yang baik ialah melaksanakan pergaulan menurut norma-norma kemasyarakatan yang tidak bertentangan dengan hukum syara’ serta memenuhi segala hak yang berhak mendapatkannya masing-masing menurut kadarnya. (muhammada Al-Ghazali, 383)

Setiap muslim wajib melaksanakan berbuat jujur, baik antara sesama muslim dengan muslimat ataupun antara muslim dengan non muslim. Allah telah memerintahkan agar kita kaum muslim jangan terperangkap oleh kaum yahudi dan nasrani di dalam perdebatan yang membawa akibat permusuhan dan sedikitpun tidak ada kebaikannya bagi agama.
Islam adalah agama yang dilandasi persatuan dan kesatuan, kecenderungan untuk saling mengenal diantara sesama manusia dalam hidup dan kehidupan. Yang demikian ini adalah merupakan ajaran Islam yang dapat fundamental. Menumbuhkan kesadaran untuk memelihara serta menjauhkan diri dari perpecahan, merupakan realisasi pengakuan bahwa pada hakekatnya kedudukan manusia adalah sama dihadapan Allah SWT. Tidak ada perbedaan diantara hamba Allah, tidaklah seseorang lebih mulya dari yang lain, kecuali ketaqwaan mereka kepada Allah. Sebagaimana firman Allah S. Al-Hujarat ayat 13 : 
Artinya :
“Hai manusia sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulya diantara kami disisi Allah ialah yang paling bertaqwa diantara kau”. (Departemen Agama RI, 847)

Pengertian yang kita peroleh dari ayat tersebut di atas ialah bahwa segala bangsa tersebar di seluruh dunia adalah dari keturunannya yang sama, yakni Adam dan Hawa. Perbedaan bangsa, bahasa dan tempat berpijak bukanlah penghalang untuk saling kenal mengenal.
Dari uraian di atas dapatlah diambil kesimpulan bahwa untuk menjaga keindahan pergaulan hidup ini, Islam mengajarkan berbagai macam adab dan bermacam-macam hak dan kewajiban yang harus di penuhi dan diamalkan dengan baik oleh anggota masyarakat.
Atas dasar itu pula dapat dirumuskan bahwa adab pergaulan yang harus dipelihara di dalam hidup bermasyarakat, antara lain :
a.       Tidak menyakiti seorang muslim
b.      Menyukai untuk segala saudara seagama apa yang dicintai untuk dirinya sendiri.
c.       Berlaku tawadlu’ (merendahkan diri)
d.      Menghadapi manusia dengan muka jernih
e.       Menghormati orang tua dan mengasihi yang muda
f.        Tidak mudah menerima berita-berita yang buruk
g.       Menempatkan seseorang pada tempatnya
h.       Memberikan nasehat dan berlaku jujur
i.         Saling berkunjung/silaturrahmi
j.        Memelihara kehormatan saudaranya.
(Muhammada Al-Ghazali, 390 – 395)
Itulah diantara akhlaq yang harus di miliki dalam hidup bermasyarakat.
Posting Komentar