Sabtu, 05 April 2014

Ini Caranya Agar Windows XP Tetap Langgeng

NEW YORK - Masa dukungan Microsoft pada Windows XP kini tersisa 4 hari lagi. Selepas tanggal 8 April, tak ada lagi dukungan keamanan ataupun tambalan software (patch) bagi pengguna sistem operasi (OS) yang kini telah berumur 13 tahun tersebut.
Jika Anda keburu cinta mati atau tak punya dana migrasi dari XP, ada beberapa trik agar OS tersebut tetap bisa digunakan.
Seperti dikatakan Michael Silver, Vice President analis Gartner, yang paling gampang dan ekstrim adalah mengurangi atau malah menghilangkan seluruh fasilitas akses internet mulai dari browsing maupun e-mail di komputer yang diinstall Windows XP. Langkah ini didasari fakta bahwa internet merupakan pintu gerbang masuknya virus atau program jahat lainnya.
Dengan begitu PC tersebut hanya sebatas sebagai "mesin ketik" atau pengolah data ringan saja. Selain itu administrator mengurangi hak pengguna XP untuk mengakses file-file penting sistem
Anda. Idealnya PC ini hanya menggunakan program yang ada di server. Kalaupun XP harus memiliki program sendiri, pastikan program tersebut aman dan jarang bermasalah.
Berdasar studi yang dilakukan Gartner, lanjut Michael, sampai sekarang setidaknya 20%-25% PC perusahaan di dunia masih berbasis Windows XP. Tanpa menyebut angka, dalam rilisnya yang dikutip Jumat (4/4), Gartner menemukan bukti bahwa beberapa rumah sakit masih menggunakan versi yang lebih tua lagi yakni Windows 95. (pra/jpnn)
Posting Komentar