Rabu, 21 September 2011

MUTIARA KLASIK UNTUK MODERN

♥♥♥♥♥♥♫♫♫♫Assalamu’alaikum Warahmatullohi Wabarokaatuh♫♫♫♫♥♥♥♥♥♥

♥♪♫♫♫♫♪♥۞۞Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillahirabbil ‘alamiin, Segala puji bagi Alloh Ta’ala Tuhan semesta Alam, atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Sholawat dan salam semoga selalu diberikan pada junjungan kita ter♥ Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wasallam, kepada para Shahabat, Keluarga dan para umatnya, sehingga sampai pada kita bersama, aamiin. ╠╦╦╦╦♥♪♫♫♫♫♪♥╦╦╦╦╦╣

SAHABATKU YANG SELALU DIRAHMATI ALLAH
Kini sedikit untaian mutiara kata yang ana ambil dari berbagai sumber, entah nantidari para sahabat, tabi’in, dan ulama-ulama kuno/klasik lainnya, semoga ada manfaat dan harapan bisa mengaplikasikan dalam kehidupan kita, sambil hiburan dan ambil manfaatnya.

Ta’limul Muta’alim: Bila kamu mau mendengar dan mengikuti orang yang memberi nasihat, maka kusarankan LIMA hal dalam menyusun ucapan.
1. Jangan engkau lupakan sebab suatu ucapan.
2. Kapan mengucapkannya.
3. Bagaimana mengucapkannya.
4. Berapa banyak yang diucapkannya.
5. dan dimana mengucapkannya.

Zainuddin bin ‘Ali al-Ma’buri al-Malibari: Bertakwa kepada Allah adalah pangkal dari segala kebahagiaan, sedang mengikuti hawa nafsu adalah pangkal dari tipu daya.

Al-Nashrabadzi: Barangsiapa menetapi takwa, maka ia akan merindukan untuk segera meninggalkan dunia fana ini, karena Allah swt befirman: sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa, tidakkah engkau memahaminya? Al-An’am, 32.

Umar bin Khottob ra.: Hisablah dirimu, sebelum kalian di hisab dan bersiap-siaplah menghadapi pemeriksaan yang sangat dahsyat dari Allah, yaitu ketika kalian dihadapkan dipengadilan Allah dan pada hari itu tiada lagi sesuatu yang samar.

“Hindarilah pandangan mata, karena pandangan itu akan memahat rupa orang yang di pandang, di dalam hatinya”. Kifayatul Atqiya’, 17.

Tidaklah berdosa bagi orang yang terlanjur memandang perkara haram, dengan tanpa sengaja, untuk pandangan yang pertama. Berbeda lagi ketika ia mengulangi pandangannya. Salalim fudhola’, 17.

Ali bin Abi Tholib kwj: aku rela dengan bagian yang diberikan oleh Allah ilmu untukku dan harta benda untuk musuh-musuhku.
Karena harta benda akan binasa dalam jangka pendek, sedang ilmu akan abadi dan tidak akan musnah.

Ta’limul Muta’alim: Kamu akan dianugrahi apa yang menjadi angan-anganmu sebesar usahamu, barangsiapa mengangankan cita-cita luhur, maka ia harus terjaga dimalam hari.
Raihlah kesempatan diwaktu muda, karena masa itu tidak akan lama.

Al-Hasan bin Ali ra: menyapu lantai dan mencuci wadah dapat mudah mendatangkan rizki.

Al-Zarnuji: apabila orang yang telah sampurna maka akan sedikit bicaranya dan apabila seseorang banyak bicara maka yakinlah akan kedungungannya.

Ulama’ syair: berbicara adalah hiasan dan diam adalah selamat.bila kamu berbicara jangan berlebihan.
Penyesalan karena diam hanyalah sekali tetapi penyesalan karena ucapan akan berkali-kali.

Ulama’ syair: Sesungguhnya guru dan dokter tidak akan berguna nasihatnya bila tidak dihormati.
Bersabarlah dengan penyakitmu bila kamu menentang dokter, dan bersabarlah kamu dengan kebodohanmu bila kamu menentang guru.

Imam Abu Hanifah: barangsiapa mencari ilmu untuk tujuan akhirat, maka beruntunglah ia dngan keutamaan dari petunjuk Allah.
Sungguh amat merugi orang yang mencari ilmu hanya untuk mendapatkan keuntungan dari hamba Allah (manusia).

Dah capek ketiknya sahabatku, semoga sedikit ini bisa membukakan mata dhohir dan mata bathin, untuk bisa lebih mendalami seluk beluk tentang Agama dan lain sebagainya.
Sekian dulu sahabatku, dan sebelumnya saya mohon maaf kepada semua sahabat dumayku, insya Allah saya akan off dulu untuk beberapa bulan. Walaupun saya sebagian kecil dari kehidupan anda semua dan saya juga manusia yang pastinya lumuran dosa kepada anda semua, kiranya permohonan maaf ini saya sampaikan kepadamu.


Alhamdulillahi Rabbil ‘alamiin, semoga uraian ini ada manfaat dan barokahnya.
Silahkan di share jika ada manfaatnya.

♥♥♥♥♥♥♫♫♫♫Wa’alaikumussalam Warahmatullohi Wabarokaatuh♫♫♫♫♥♥♥♥♥♥

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk menambah silaturahim.