Senin, 06 Maret 2023

Keutamaan Nisfu Sya'ban

Diceritakan:

Suatu ketika Nabi Isa ﷺ di dalam perjalanan, ditengah perjalanan ia melihat sebuah gunung yang tinggi, ia pun ingin mendakinya. Setelah mencapai puncak, ia dikagetkan oleh sebuah batu besar berwarna putih, lebih putih daripada susu. Ia berjalan di sekeliling batu tersebut dan ia terkagum² dengan keelokan batu itu. Kemudian Allah Swt. menurunkan wahyu untuk Nabi Isa:
"Wahai 'Isa..apakah kamu senang Aku pertunjukan sesuatu lebih mengagumkan daripada pemandangan yang kamu lihat yang saat ini..??"
"Ya, wahai Tuhanku," jawab Nabi Isa.

Kemudian batu tersebut terbelah oleh seorang tua yang sebagian kepalanya berambut putih. Ia berada di atasnya sambil memegang tongkat berwarna hijau. Di depan kedua matanya terdapat hidangan buah anggur, dan ia sedang berdiri melaksanakan shalat. Nabi Isa ﷺ takjub melihat pemandangan ini. "Wahai syekh, apa yang aku lihat ini..??" tanya Nabi Isa.
"Ini adalah rezekiku setiap hari," jawab orang tua tersebut.
"Selama berapa tahun engkau beribadah kepada Allah di atas batu ini..??" tanya Nabi Isa.
"Empat ratus tahun," jawab kakek itu. Nabi Isa berkata:
"Wahai Tuhan dan Junjunganku, aku tidak mengatakan Engkau menciptakan seseorang yang lebih utama dari ia."
Kemudian Allah Swt menurunkan wahyu kepada Nabi Isa ﷺ:
"Sesungguhnya seseorang dari umat Muhammad ﷺ yang menemui bulan Sya'ban dan melaksanakan shalat pada malam pertengahan bulan Sya’ban (malam nisfu sya'ban). BagiKu itu lebih utama daripada ibadah selama empat ratus tahun ini."
"Semoga saja aku menjadi umat Nabi Muhammad ﷺ," kata Nabi Isa ﷺ setelah mendengar keutamaan malam pertengahan bulan Sya'ban bagi umat Nabi Muhammad ﷺ.

Referensi:
📚[An-Nawadir al-Qalyubi. Hal. 22_23]

Follow:
@gubukilmuaswaja
@kalam_syafiiyyah

#gubukilmuaswaja #kalamsyafiiyyah #kasyaf #kalamulama #kalamguru #kalammasyaikh #kalamhabaib #kalamustadzah #kalamsantri #santriindonesia #santrionline #santrimuthalaah #kitabkuning #kitabpesantren #pesantrenaswaja #pondokpesantren #kajianonline #ngajionline #madzhabsyafii #ahlussunnahwaljamaah #ilmuonline #tauhidonline #tashawwufonline #fiqihonline #kalamsufi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk menambah silaturahim.